SANDY PUTRA / 1703102079 / 8C MANAJEMEN
1. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor kunci sukses
dalam membangun E-Commerce !
Jawab :
- Penyediaan
harga yang kompetitif, dimana dari penyediaan harga yang kompetitif dengan
pengembangan strategi harga dari E-commerce. Yang harus dilakukan yaitu
dengan cara mengetahui atau mengenali margin, realitanya harga terendah
tidaklah selalu menang, bahkan tidak sedikit dari persaingan harga
berakhir dengan harga produk yang terlalu rendah. Maka diperlukannya
pertimbangan yang cukup matang untuk itu serta juga dengan cara mencari
sumber yang lebih baik dan menyesuaikan penawaran produk untuk memasukkan
barang yang lebih menguntungkan.
- Menyediakan
jasa pembelian yang tanggap, harus adanya para tim manajemen yang handal,
pengiriman yang tepat waktu, struktur organisasi yang tepat, keamanan
pendesainan sebuah situs web untuk menarik minat pengunjung.
- Menyediakan
informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas, perlunya informasi yang
lengkap dan jelas untuk menghindari prasangka konsumen akan ketidakyakinan
pada informasi barang ataupun jasa tersebut, bahkan akan membatalkan
pesanan hanya karna pemasangan iklan yang tidak jelas.
- Menyediakan
banyak bonus ataupun diskon, hal tersebut tentunya merupakan faktor yang
banyak menarik banyak pelanggan. Dengan demikian hal ini bertujuan demi
membuka pintu bagi pengupayaan pemasaran lebih lanjut.
- Memberikan
perhatian khusus seperti ulasan pembelian, dalam hal ini yang bertugas
memberikan perhatian khusus seperti ulasan pembelian adalah tim manajemen
pemasaran. Tim harus pintar-pintar menawarkan produk kepada pelanggan
dengan mengikutsertakan pelayanan yang baik dan meyakinkan sehingga pelanggan
yakin akan produk ataupun jasa yang ditawarkan
- Menyediakan
rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan pelanggan dan lainnya, Dengan
adanya rasa komunitas untuk berdiskusi maka akan banyak hal-hal positif
yang didapat perusahaan E-Commerce dalam pemroduksiannya agar lebih
berkualitas dari sebelumnya.
- Mempermudah
kegiatan perdagangan, yang dimaksud disina yaitu pelanggan tidak perlu
meluangkan waktunya yang padat untuk terjun ke lapangan secara langsung
demi mentransaksi produk yang diinginkannya.
2. Sebutkan dan jelaskan berbagai jenis bisnis online
di internet !
Jawab :
- Pengiklan
Website (Ads Publisher), saat ini semakin banyak orang yang menggeluti
bisni ini, sebab bisnis ini dirasa simple dan menguntungkan, kita bisa
membuat website dengan konten menarik, namun jangan lupa untuk menentukan
target pembacanya agar tidak salah sasaran. Dalam website nanti bisa
ditambahkan iklan atau ads. Tentunya iklan tersebut bisa didapatkan uang
yang banyak dan jangan lupa pastikan untuk memiliki jumlah visitor yang
signifikan
- Sebagai
Pembangun List (List Building), Dalam bisnis ini anda akan bermain dengan
data, umumnya pelaku bisnis ini banyak dicari oleh perusahaan, dan data
yang diambil bersifat umum, misalnya saja membangun list dari nomer
Whatsapp, BBM, dan list tersebut bisa dikelompokkan berdasarkan umur,
gender dan sebagianya.
- Memasarkan
Produk sebagai Affiliate Marketer,Bisnis ini sebenarnya berhubungan dengan
List Building dan bisnis ini memiliki target pasar. Kita harus bisa
menemukan target market yang jelas dan sistem pendapatan pada bisnis ini
adalah sistem komisi, kita akan memasarkan dan menjual produk.
- Membangun
Online Shop, toko online tidak memerlukan toko fisik, anda hanya
memerlukan gadget dan pandai berbicara serta pastikan barang yang dijual
sesuai dengan spesifikasinya. Menjaga nama baik sangat diperlukan dalam
membuka bisnis online.
- Pay Per Post /
Penulis, menjadi seorang penulis atau content writer harus memiliki
ketelitian, pengetahuan yang luas serta gaya menulis yang baik. Dari
bisnis ini kita bisa mendapat uang yang lumayan banyak.
3. Sebut dan jelaskan aplikasi bisnis yang ada dalam
E-Commerce !
Jawab :
- OLX, Merupakan
sebuah situs web iklan baris yang berfokus pada jual beli produk dan jasa
secara online. OLX adalah tempat dimana para customer bisa mencari barang
baru maupun bekas yang berkualitas. Tidak hanya itu saja pasang iklan
gratis juga merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh OLX untuk
para penjual.
- Traveloka, merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan
tiket hotel dan pesawat yang berfokuskan pada perjalanan domestik di
Indonesia.Traveloka memberikan informasi seputar harga dari tiket pesawat,
kapal laut dan juga penginapan ataupun hotel.
- Lazada,
merupakan bagian dari Lazada Group yang merupakan pilihan belanja online
nomer satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di beberapa negara
seperti Indonesia, Malaysia, Fillipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
- Spotify,
adalah layanan music streaming, podcast, dan video komersial swedia yang
menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label
rekaman dan perusahaan media
- Blibli,
merupakan situs yang menawarkan penjualan, jasa informasi bisnis,
interaksi pengguna, hingga iklan. Sampai saat ini sudah tercatat ada 200
pedagang atau merchant yang sudah bergabung di Blibli.com.
4. Sebutkan dan jelaskan faktor pendukung E-Commerce !
Jawab :
- Desain website dan apliksi, ketika masuk ke toko online, tampilan
website atau aplikasi, desain antarmuka, dan navigasi yang mudah akan
membuat pelanggan lebih nyaman saat berbelanja.
- Harga, persaingan harga dapat menjadi faktor penentu keputusan orang ketika
berbelanja. Situs e-commerce yang sering menawarkan harga lebih
murah dengan potongan harga menarik akan membuat seseorang lebih senang
berbelanja dan akhirnya merekomendasikan situs tersebut kepada orang lain.
- Pilihan
produk, banyaknya pilihan produk yang ditawarkan juga menjadi penentu
kesuksesan e-commerce. Maka jangan heran jika saat ini situs e-commerce besar
memiliki banyak pedagang meskipun produk yang dijual sama.
- Pelayanan, meskipun saat ini pelayanan di
situs e-commerce serba otomatis menggunakan sistem. Tetap saja
pihak e-commerce sebaiknya menyediakan layanan call
center yang siap siaga menampung keluhan dan memberikan solusi kepada
pelanggan dengan cepat jika terjadi masalah saat proses jual-beli.
- Pemasaran kreatif, pada era digital pemasaran dapat dilakukan berbagai
macam cara dan sekreatif mungkin agar menarik perhatian hingga akhirnya
banyak dibicarakan. Ketika sebuah situs e-commerce sudah banyak
dibicarakan secara positif baik di dunia maya dan dunia nyata, maka akan
meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berbelanja di situs tersebut.
- Kecepatan
akses, ketika sebuah situs banyak diakses, maka semakin tinggi
kapasitas bandwith, ram, dan data transfer yang
dibutuhkan. Oleh karena itu, sebuah situs e-commerce harus
memiliki server berkapasitas besar agar website atau aplikasi terhindar
dari kondisi hang.
5. Sebutkan dan Jelaskan konsumen E-commerce
didasarkan pada perilaku konsumsinya!
Jawab :
- Implusive
Buyers, konsumen yang ingin cepat-cepat membeli, cenderung gegabah dalam
mengkonsumsi produk yang ditawarkan.
- Patient
Buyers, konsumen yang teliti melakukan komparasi harga dan menganalisa
produk yang ditawarkan
- Window
Shopper, Konsumen yang sekedar browsing atau surfing (menjelajah internet
saja)
6. Sebutkan dan Jelaskan positif dan negatif
dalam menjalankan E-Commerce !
Jawab :
- Dampak
positif, yaitu :
- Revenue Stream
(aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa
ditemui di sistem transaksi tradisional.
- Dapat
meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
- Menurunkan
biaya operasional(operating cost).
- Melebarkan
jangkauan (global reach).
- Meningkatkan
customer loyality.
- Meningkatkan
supplier management.
- Memperpendek
waktu produksi.
- Meningkatkan
value chain (mata rantai pendapatan).
- Dampak
negatif, yaitu :
- Kehilangan
segi finansial secara langsung karena kecurangan.
- Pencurian
informasi rahasia yang berharga.
- Kehilangan
kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat
kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
- Penggunaan
akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang
berhasil membobol sebuah sistem perbankan.
- Kehilangan
kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti
usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha
menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
- Kerugian yang
tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja,
ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia,
kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik
7. Sebutkan dan Jelaskan jenis-jenis E-Commerce!
Jawab :
- E-Commerce Business
to Business (B2B), interaksi yang terjadi antara produsen dengan suplier
- E-Commerce
retai atau Business to Customer (B2C), proses pemesanan, pembelian, dan
penjualan produk
- E-Commerce
Customer to Business (C2B), konsumen bereperan aktif dalam pemenuhan
kebutuhan
- E-Commerce
Customer to Customer (C2C), web dimana customer bisa menjual barang dan
jasa antar konsumen
- E-Commerce
Business to Government (B2G), pemerintah ikut andil dengan pebisnis dalam
bentuk regulasi
- E-Commerce
Government to Business (G2B), transaksi jual beli barang dan jasa saling
menguntungkan
- E-Commerce
Government to Citizen (G2C), melibatkan pemerintah dan masyarakat, dari
pihak pembeli dan penjual.
8. Sebutkan dan Jelaskan ragam internet advertising
serta berilah contoh!
Jawab :
- SEM (Search Engine Marketing), Contoh iklan internet yang
pertama adalah Search Engine Marketing atau dikenal juga dengan nama paid search.
Tentunya Anda sendiri paham, eksistensi mesin pencarian begitu penting.
Anda bisa mencari segala macam barang, jasa atau informasi apapun melalui
mesin pencarian ini.Tanpa disadari, manusia sangat bergantung pada mesin
pencarian. Anda akan mencari informasi terlebih dahulu di search
engine sebelum membeli barang, benar kan? Contoh populer untuk
SEM adalah Display Ads dan Google Shopping Ads. Biasanya Display
Ads lebih fokus untuk meningkatkan brand awareness.
- SMA (Social Media Advertising), Selanjutnya adalah Social
Media Marketing atau dikenal juga dengan nama paid social.
Tempat terbaik itu haruslah memiliki banyak pengguna dan jawaban yang
paling tepat adalah media sosial. Media sosial seperti Facebook, Twitter
dan Instagram bisa jadi pilihan yang oke. Hal ini karena lebih dari 87,13%
pengguna internet di negara ini mengakses layanan medsos
- Remarketing / Retargeting Advertising,Tujuan dari
iklan ini adalah mempertahankan ketertarikan dan keinginan membeli si
calon pelanggan. Contoh iklan digital yang satu ini merupakan salah satu
layanan dari Google. Iklan Anda akan ditampilkan kembali kepada pengguna
yang telah mengunjungi situs atau menggunakan aplikasi Anda.Kondisi ini
berlaku untuk semua pengguna meskipun mereka tidak melakukan pembelian.
Jadi seperti berjejak di mana pengguna akan diikuti iklan yang sama di
situs lain.
- Video Marketing, Sebagai contoh iklan digital, Kemudian ada
video marketing yang digadang-gadang sebagai contoh iklan digitalpaling
efektif untuk semua jenis dan lini usaha saat ini. Anda bisa melakukan
berbagai hal untuk dijadikan konten video. Sebut saja seperti
vlog, live stream, video tutorial, promosi produk makanan, pengenalan produk
baru, webinar dan lain sebagainya.Keragaman isi video tentunya membuat
pebisnis berlomba-lomba menghadirkan konten terbaik dan kreatif untuk
menarik mminat calon pembeli.
- Email Marketing, Email marketing bisa dikatakan sebagai salah satu contoh iklan digital yang cukup efektif meskipun paling murah. Bahkan efektifitas email marketing ini lebih tinggi dibandingkan media sosial menurut penelitian McKinsey and Company. Biasanya pemilik bisnis akan mengirimkan pesan komersial melalui newsletter dan iklan berisi promosi khusus.Untuk memilih contoh iklan digital mana yang cocok dengan usaha Anda, pastikan untuk mempertimbangkan beberapa faktor ya. Budget dan tujuan iklan menjadi dua poin penting yang harus dilihat sebelum membuat keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar