Selasa, 20 April 2021

UJIAN TENGAH SEMESTER ( MATA KULIAH E-COMMERCE)

SANDY PUTRA / 1703102079 / 8C MANAJEMEN

 

1. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor kunci sukses dalam membangun E-Commerce !

Jawab : 

  1. Penyediaan harga yang kompetitif, dimana dari penyediaan harga yang kompetitif dengan pengembangan strategi harga dari E-commerce. Yang harus dilakukan yaitu dengan cara mengetahui atau mengenali margin, realitanya harga terendah tidaklah selalu menang, bahkan tidak sedikit dari persaingan harga berakhir dengan harga produk yang terlalu rendah. Maka diperlukannya pertimbangan yang cukup matang untuk itu serta juga dengan cara mencari sumber yang lebih baik dan menyesuaikan penawaran produk untuk memasukkan barang yang lebih menguntungkan.
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, harus adanya para tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, struktur organisasi yang tepat, keamanan pendesainan sebuah situs web untuk menarik minat pengunjung.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas, perlunya informasi yang lengkap dan jelas untuk menghindari prasangka konsumen akan ketidakyakinan pada informasi barang ataupun jasa tersebut, bahkan akan membatalkan pesanan hanya karna pemasangan iklan yang tidak jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus ataupun diskon, hal tersebut tentunya merupakan faktor yang banyak menarik banyak pelanggan. Dengan demikian hal ini bertujuan demi membuka pintu bagi pengupayaan pemasaran lebih lanjut.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti ulasan pembelian, dalam hal ini yang bertugas memberikan perhatian khusus seperti ulasan pembelian adalah tim manajemen pemasaran. Tim harus pintar-pintar menawarkan produk kepada pelanggan dengan mengikutsertakan pelayanan yang baik dan meyakinkan sehingga pelanggan yakin akan produk ataupun jasa yang ditawarkan
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan pelanggan dan lainnya, Dengan adanya rasa komunitas untuk berdiskusi maka akan banyak hal-hal positif yang didapat perusahaan E-Commerce dalam pemroduksiannya agar lebih berkualitas dari sebelumnya.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan, yang dimaksud disina yaitu pelanggan tidak perlu meluangkan waktunya yang padat untuk terjun ke lapangan secara langsung demi mentransaksi produk yang diinginkannya.

2. Sebutkan dan jelaskan berbagai jenis bisnis online di internet !

Jawab :

  1. Pengiklan Website (Ads Publisher), saat ini semakin banyak orang yang menggeluti bisni ini, sebab bisnis ini dirasa simple dan menguntungkan, kita bisa membuat website dengan konten menarik, namun jangan lupa untuk menentukan target pembacanya agar tidak salah sasaran. Dalam website nanti bisa ditambahkan iklan atau ads. Tentunya iklan tersebut bisa didapatkan uang yang banyak dan jangan lupa pastikan untuk memiliki jumlah visitor yang signifikan
  2. Sebagai Pembangun List (List Building), Dalam bisnis ini anda akan bermain dengan data, umumnya pelaku bisnis ini banyak dicari oleh perusahaan, dan data yang diambil bersifat umum, misalnya saja membangun list dari nomer Whatsapp, BBM, dan list tersebut bisa dikelompokkan berdasarkan umur, gender dan sebagianya.
  3. Memasarkan Produk sebagai Affiliate Marketer,Bisnis ini sebenarnya berhubungan dengan List Building dan bisnis ini memiliki target pasar. Kita harus bisa menemukan target market yang jelas dan sistem pendapatan pada bisnis ini adalah sistem komisi, kita akan memasarkan dan menjual produk.
  4. Membangun Online Shop, toko online tidak memerlukan toko fisik, anda hanya memerlukan gadget dan pandai berbicara serta pastikan barang yang dijual sesuai dengan spesifikasinya. Menjaga nama baik sangat diperlukan dalam membuka bisnis online.
  5. Pay Per Post / Penulis, menjadi seorang penulis atau content writer harus memiliki ketelitian, pengetahuan yang luas serta gaya menulis yang baik. Dari bisnis ini kita bisa mendapat uang yang lumayan banyak.

3. Sebut dan jelaskan aplikasi bisnis yang ada dalam E-Commerce !

Jawab : 

  1. OLX, Merupakan sebuah situs web iklan baris yang berfokus pada jual beli produk dan jasa secara online. OLX adalah tempat dimana para customer bisa mencari barang baru maupun bekas yang berkualitas. Tidak hanya itu saja pasang iklan gratis juga merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh OLX untuk para penjual.
  2. Traveloka, merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket hotel dan pesawat yang berfokuskan pada perjalanan domestik di Indonesia.Traveloka memberikan informasi seputar harga dari tiket pesawat, kapal laut dan juga penginapan ataupun hotel.
  3. Lazada, merupakan bagian dari Lazada Group yang merupakan pilihan belanja online nomer satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Fillipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
  4. Spotify, adalah layanan music streaming, podcast, dan video komersial swedia yang menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman dan perusahaan media
  5. Blibli, merupakan situs yang menawarkan penjualan, jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan. Sampai saat ini sudah tercatat ada 200 pedagang atau merchant yang sudah bergabung di Blibli.com.

4. Sebutkan dan jelaskan faktor pendukung E-Commerce !

Jawab : 

  1. Desain website dan apliksi, ketika masuk ke toko online, tampilan website atau aplikasi, desain antarmuka, dan navigasi yang mudah akan membuat pelanggan lebih nyaman saat berbelanja.
  2. Harga, persaingan harga dapat menjadi faktor penentu keputusan orang ketika berbelanja. Situs e-commerce yang sering menawarkan harga lebih murah dengan potongan harga menarik akan membuat seseorang lebih senang berbelanja dan akhirnya merekomendasikan situs tersebut kepada orang lain.
  3. Pilihan produk, banyaknya pilihan produk yang ditawarkan juga menjadi penentu kesuksesan e-commerce. Maka jangan heran jika saat ini situs e-commerce besar memiliki banyak pedagang meskipun produk yang dijual sama.
  4. Pelayanan, meskipun saat ini pelayanan di situs e-commerce serba otomatis menggunakan sistem. Tetap saja pihak e-commerce sebaiknya menyediakan layanan call center yang siap siaga menampung keluhan dan memberikan solusi kepada pelanggan dengan cepat jika terjadi masalah saat proses jual-beli.
  5. Pemasaran kreatif, pada era digital pemasaran dapat dilakukan berbagai macam cara dan sekreatif mungkin agar menarik perhatian hingga akhirnya banyak dibicarakan. Ketika sebuah situs e-commerce sudah banyak dibicarakan secara positif baik di dunia maya dan dunia nyata, maka akan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berbelanja di situs tersebut.
  6. Kecepatan akses, ketika sebuah situs banyak diakses, maka semakin tinggi kapasitas bandwith, ram, dan data transfer yang dibutuhkan. Oleh karena itu, sebuah situs e-commerce harus memiliki server berkapasitas besar agar website atau aplikasi terhindar dari kondisi hang.

5. Sebutkan dan Jelaskan konsumen E-commerce didasarkan pada perilaku konsumsinya!

Jawab : 

  1. Implusive Buyers, konsumen yang ingin cepat-cepat membeli, cenderung gegabah dalam mengkonsumsi produk yang ditawarkan.
  2. Patient Buyers, konsumen yang teliti melakukan komparasi harga dan menganalisa produk yang ditawarkan
  3. Window Shopper, Konsumen yang sekedar browsing atau surfing (menjelajah internet saja)

6. Sebutkan dan Jelaskan positif dan negatif dalam menjalankan E-Commerce !

Jawab :

  • Dampak positif, yaitu :
  1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
  2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  3. Menurunkan biaya operasional(operating cost).
  4. Melebarkan jangkauan (global reach).
  5. Meningkatkan customer loyality.
  6. Meningkatkan supplier management.
  7. Memperpendek waktu produksi.
  8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
  • Dampak negatif, yaitu :
  1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. 
  2. Pencurian informasi rahasia yang berharga.
  3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
  4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan.
  5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
  6. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik

7. Sebutkan dan Jelaskan jenis-jenis E-Commerce!

Jawab :

  1. E-Commerce Business to Business (B2B), interaksi yang terjadi antara produsen dengan suplier
  2. E-Commerce retai atau Business to Customer (B2C), proses pemesanan, pembelian, dan penjualan produk
  3. E-Commerce Customer to Business (C2B), konsumen bereperan aktif dalam pemenuhan kebutuhan
  4. E-Commerce Customer to Customer (C2C), web dimana customer bisa menjual barang dan jasa antar konsumen
  5. E-Commerce Business to Government (B2G), pemerintah ikut andil dengan pebisnis dalam bentuk regulasi
  6. E-Commerce Government to Business (G2B), transaksi jual beli barang dan jasa saling menguntungkan
  7. E-Commerce Government to Citizen (G2C), melibatkan pemerintah dan masyarakat, dari pihak pembeli dan penjual.

8. Sebutkan dan Jelaskan ragam internet advertising serta berilah contoh!

Jawab :

  1. SEM (Search Engine Marketing), Contoh iklan internet yang pertama adalah Search Engine Marketing atau dikenal juga dengan nama paid search. Tentunya Anda sendiri paham, eksistensi mesin pencarian begitu penting. Anda bisa mencari segala macam barang, jasa atau informasi apapun melalui mesin pencarian ini.Tanpa disadari, manusia sangat bergantung pada mesin pencarian. Anda akan mencari informasi terlebih dahulu di search engine sebelum membeli barang, benar kan? Contoh populer untuk SEM adalah Display Ads dan Google Shopping Ads. Biasanya Display Ads lebih fokus untuk meningkatkan brand awareness.
  2. SMA (Social Media Advertising), Selanjutnya adalah Social Media Marketing atau dikenal juga dengan nama paid social. Tempat terbaik itu haruslah memiliki banyak pengguna dan jawaban yang paling tepat adalah media sosial. Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram bisa jadi pilihan yang oke. Hal ini karena lebih dari 87,13% pengguna internet di negara ini mengakses layanan medsos
  3.  Remarketing / Retargeting Advertising,Tujuan dari iklan ini adalah mempertahankan ketertarikan dan keinginan membeli si calon pelanggan. Contoh iklan digital yang satu ini merupakan salah satu layanan dari Google. Iklan Anda akan ditampilkan kembali kepada pengguna yang telah mengunjungi situs atau menggunakan aplikasi Anda.Kondisi ini berlaku untuk semua pengguna meskipun mereka tidak melakukan pembelian. Jadi seperti berjejak di mana pengguna akan diikuti iklan yang sama di situs lain.
  4. Video Marketing, Sebagai contoh iklan digital, Kemudian ada video marketing yang digadang-gadang sebagai contoh iklan digitalpaling efektif untuk semua jenis dan lini usaha saat ini. Anda bisa melakukan berbagai hal untuk dijadikan konten video. Sebut saja seperti vlog, live stream, video tutorial, promosi produk makanan, pengenalan produk baru, webinar dan lain sebagainya.Keragaman isi video tentunya membuat pebisnis berlomba-lomba menghadirkan konten terbaik dan kreatif untuk menarik mminat calon pembeli.
  5. Email Marketing, Email marketing bisa dikatakan sebagai salah satu contoh iklan digital yang cukup efektif meskipun paling murah. Bahkan efektifitas email marketing ini lebih tinggi dibandingkan media sosial menurut penelitian McKinsey and Company. Biasanya pemilik bisnis akan mengirimkan pesan komersial melalui newsletter dan iklan berisi promosi khusus.Untuk memilih contoh iklan digital mana yang cocok dengan usaha Anda, pastikan untuk mempertimbangkan beberapa faktor ya. Budget dan tujuan iklan menjadi dua poin penting yang harus dilihat sebelum membuat keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ujian Akhir Semester Mata Kuliah E-Commerce

Nama : Sandy Putra. NPM   :   1703102079. 1.Jelaskan dampak Gojek dan Tokopedia setelah merger pada dunia E-Commerce ! Jawab : Keuntungan ...