Minggu, 04 April 2021

5 Perusahaan Yang Menerapkan Sistem E-Commerce


Berikut ini adalah contoh 5 perusahaan yang sudah menerapkan sistem e-commerce beserta analisis SWOT nya 

1. OLX



OLX merupakan sebuah situs web iklan baris yang berfokus pada jual beli produk dan jasa secara online. OLX adalah sebuah tempat dimana para Customer bisa mencari barang baru maupun bekas yang berkualitas seperti ; produk peralatan rumah tangga, otomotif, elektronik dan berbagai aneka jasa lainnya. Tidak hanya itu saja pasang iklan gratis juga merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh OLX untuk para penjual.

Kekuatan.
  • OLX smudah untuk diakes mendaftar, menjual ataupun memasang iklan dan juga membeli
  • OLX sudah dikenal banyak masyarakat
  • OLX tidak hanya sekedar dapat menjual baru tetapi juga barang bekas yang masih bisa digunakan dan tentunya berkualitas (dari sisi penjual)
Kelemahan
  • Tampilan web terkesan biasa atau kurang menarik
  • Hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, hal ini tentunya menyulitkan warga asing yang ingin mengaksesnya
  • Rawan terjadi penipun dikarenakan bebasnya memasang iklan
Peluang
  • Sarana bagi penjual yang ingin menjual barang baru ataupun bekas
  • Peluang bagi orang yang ingin bisnis online
Ancaman
  • Banyaknya pesaing yang menawarkan fitur yang sama
  • Rentan terhadap penipuan
  • Masih terdapat penjual yang tidak jujur

2. Traveloka



Traveloka merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket hotel dan pesawat yang berfokuskan pada perjalanan domestik di Indonesia.Traveloka memberikan informasi seputar harga dari tiket pesawat, kapal laut dan juga penginapan ataupun hotel.

Kekuatan
  • Memiliki hasil pencairan yang lengkap
  • Menampilkan pilihan harga, waktu, tempat dll
  • Online travel yang terpercaya karena bekerja sama dengan banyak airline dan hotel serta menyuguhkan promo dan harga khusus .
  • Smart Algorithm, dimana berusaha mencari tiket pesawat terbaik
Kelemahan
  • Informasi harga tiket yang ditampilkan hanya sekedar harga tiket hotel dan pesawat.
  • Tampilan yang rumit sehingga pengguna baru sulit menggunakan layanan
  • Terkadang jadwal tidak sesuai dengan kenyataaan agar bisa gi
Peluang
  • Informasi yang ditampilakan selalu terbaru, sehingga orang orang selalu mengunjungi traveloka jika ingin memesan tiket hotel maupun pesawat.
  • Menampilkan hrga dari termurah hingga termahal sehingga pengunjung dapat memilih sesuai keinginannya.
  • Menyediakan pilihan bahasa Inggris agar bisa go internasioanl
Ancaman
  • Munculnya pesaing yang menawarkan layanan yang sama dengan fitur yang lebih menarik.
3. Lazada



Lazada merupakan bagian dari Lazada Group yang merupakan pilihan belanja online nomer satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Fillipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam

Kekuatan
  • Menyediakan produk yang banyak dan beragam
  • Mudah ditemukan di search engine
  • Memberikan gratis biaya kirim barang yang dipesan
  • Transaksi dilakukan secara cepat, mudah dan murah
  • tampilan web yang menarik dan space iklan tersusun rapi
Kelemahan

  • Rawan terhadap penipuan
  • Barang tidak dapat dipegang langsung
  • Keadaan barang yang tidak sesuai dengan keinginan 
  • lamanya waktu pengiriman
Peluang
  • Menjadi top website yang sering dikunjungi masyarakat Indonesia
  • Pengunjung lazada adalah pengunjung setia yang rata rata menghabiskan wakty sekitar 7 menit untuk mengunjungi web ini.
Ancaman
  • Banyaknya muncul pesaing yang menyediakan layanan yang sama
  • Maraknya penipuan
  • Persaingan harga dan kualitas secara global
4. Spotify


Spotify adalah layanan music streaming, podcast, dan video komersial swedia yang menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman dan perusahaan media.

Kekuatan
  • Memudahkan pengguna mencari musik tanpa harus mendownload dulu
  • Ada fitur pertemanan yang memudahkan pengguna melihat play list yang dimiliki teman mereka
  • Pengguna dapat mengtahui lagu yang terpopuler diberbagai kategori ataupun wilayah
  • Pengguna dapat mecari lagu sesuai dengan selera 
  • Soptify dapat diakses melalui cross platform
Kelemahan
  • Karena penggunaan layanannya streaming online maka pengguna harus memiliki koneksi internet kecuali ada lagu yang sudah didownload
  • Harus melakukan pndaftaran terlebih dahulu
Peluang
  • Publisher dapat mempublikasikan karyanya melalui Spotify
  • Penyimpanan memori telepon yang terbatas menjadikan streaming merupakan salah satu pilihan terbaik
  • Pengguna dapat menikmati fitur yang lebih penuh jika pengguna menjadi premium user
Ancaman
  • Semakin banyak aplikasi streaming musik dan video online yang menjadi pesaing
  • Beberapa song writer dan penyanyi memiliki ekspektasi yang tidak baik kepada aplikasi ini sehingga mereka tidak ingin karya mereka dipublikasikan melalui spotify
5. Blibli.com

Blibli merupakan situs yang menawarkan penjualan, jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan. Sampai saat ini sudah tercatat ada 200 pedagang atau merchant yang sudah bergabung di Blibli.com.
Kekuatan
  • Blibli.com menggunakan sistem keamanan yang sudah mendapatkan sertifikat dari VeriSign yang merupakan sistem standart keamanan transaksi online didunia
  • Situs Blibli.com membantu si pelanggan agar pelanggan tersebut dapat membantu sesama pelanggan lainnya
Kelemahan
  • Blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank yaitu bank BCA Dan Bank Mandiri dalam metode pembayarannya
Peluang
  • Tumbuh dan berkembangnya e-commerce diberbagai belahan dunia ditambah pula pengguna internet yang semakin banyak maka dari itu sangat menguntungkan Blibli.com selaku toko online
Ancaman
  • Rendahnya hambatan masuk antar negara akan menyebabkan banyak pesaing di perusahaan internet





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ujian Akhir Semester Mata Kuliah E-Commerce

Nama : Sandy Putra. NPM   :   1703102079. 1.Jelaskan dampak Gojek dan Tokopedia setelah merger pada dunia E-Commerce ! Jawab : Keuntungan ...